Tata cara penulisan karya ilmiah
Assalamualaikum Wr.Wb
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah
Perkenalkan nama saya Saputra Hadi jurusan
teknik informatika semester 2 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau..
Sebelum saya menjelaskan tahap-tahap penulisan karya ilmiah
saya akan memberi tahu kawan-kawan bahwa tanpa kita sadari banyak hal mudah
untuk menulis karya ilmiah ataupun skripsi itu dengan simpel tanpa ribet. Dan
bagi kalian yang sering bikin makalah, laporan, skripsi atau karya ilmiah lainnya,
Maka tutorial ini sangat membantu, karna kalian enggak perlu mengatur berulang
kali tulisan tersebut, cukup dengan sekali atur, maka semua yang menggunakan
style sama dengan kalimat tersebut akan
lansung berubah sama persis. Jadi kawan gak terlalu repot untuk merubah dengan
susah payah, karena apabila kita terlalu lama dalam mengatur ketikan kita maka
akan lama kita dalam menyelesaikan ketikan kita tersebut. Disini saya akan
menjelas kan bagaimana cara penulisan karya ilmiah dengan metode simple yang
saya gunakan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah
1. Jenis huruf
Menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 14 untuk
judul dan 12 untuk paragraf biasa..
2. Jarak baris
Jarak antara dua baris dibuat 1,5 spasi.
3. Batas tepi
a. Tepi atas dan tepi kiri: 4 cm
b. Tepi bawah dan tepi kanan: 3 cm
Itulah hal-hal kecil yang harus kita perhatikan dalam
penulisan karya ilmiah.selanjutnya saya akan menjelaskan cara-cara penulisan
karya ilmiah yang pertama :
1 Mengatur margin
Margin adalah kertas yang kita gunakan untuk mengetik suatu
karya ilmiah.dengan cara klik page layout kemudian pada group menu page setup
tersedia beberapa pilihan, maka pilih margins. Pilih satu pilihan yang tersedia
pada pilihan margins. Jika sobat ingin mengatur margin secara manual silakan
klik pada Custom Margins seperti gambar yang dijelaskan dibawah ini.berikut penjelasannya.
Pertama pilih “Page
Layout” lalu klik “Custom Margin”
Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.
Pada tab margin isikan besaran margin yang mau di pakai. Diatas
adalah margin yang saya gunakan.ada 4 margin yang bisa diatur, yaitu Top, Bottom,
Left dan Right\
Margin atas :
Memberikan jarak dalam bagian atas.
Margin bawah : Memberikan jarak dalam
bagian bawah.
Margin kiri : Memberikan jarak dalam
bagian kiri.
Margin kanan : Memberikan jarak dalam
bagian kanan.
Metode seperti itulah yang saya gunakan dalam memakai
margin. Simple bukan! Selanjutnya saya akan menjelaskan cara penggunaan style
pada microsoft.
2 Penggunaan Style pada microsoft word
Disini saya akan menjelaskan tahap-tahap Penggunaan style. Karena
ketika kita menggunakan menu ini, kita
dapat mempermudah ketikan kita pada suatu karya ilmiah ataupun yang lainnya.berikut
tahap-tahapnya.
Klik menu “Home”
Maka akan tampak seperti gambar yang saya garis merah dibawah
ini
Dan pada menu style ini terdapat banyak sekali macam
penulisan, misalnya Title, Normal, No Spacing heading 1, heading 2, Empahasis
dan masih banyak lagi, seperti yang bisa dilihat di bawah.
Style Normal biasanya digunakan untuk tulisan biasa, Title
digunakan untuk tulisan judul, Heading 1 Biasanya di gunakan untuk sub judul,
dan heading 2 untuk pembagian dari sub judul tersebut dan begitu seterusnya dan
Nospacing digunakan untuk tulisan tanpa spasi. Dan masih banyak kegunaan style
lainnya. Dan jika kawan masih kurang, dan ingin menambah style ala kawan sendiri,
itupun juga bisa dilakukan yaitu dengan cara :
Klik pada gambar panah kecil disudut menu style
Maka akan muncul menu seperti dibawah, dan klik tool New
Style yang ditunjuk oleh anak panah.
Dan akan muncul menu dibawah. Kawan tinggal atur seperti apa
nanti tulisan yang ingin kawan buat,
baik itu jenih huruf, ukuran warna, posisi huruf apakah di kiri, tengah atau
kanan, spasi pengetikan dll. Dan setelah selesai, maka kawan tinggal klik OK.
Tapi jangan sampai lupa memberi nama Style.
Baiklah saya akan
jelaskan contoh cara penggunaan Style dalam pembuatan makalah dan sekalian cara mengedit style yang telah
tersedia sesuai kebutuhan kawan-kawan semua.
Pertama kawan tulis terlebih dahulu “Kata pengantar(boleh
kata lain)”.
Block dan klik Heading 1 pada menu style.
Maka Otomatis tulisan tadi akan berubah sesuai dengan yang
telah ditetapkan di heading 1, tapi jangan khawatir, kita bisa merubah
pengaturan tersebut dengan cara klik kanan pada tool heading 1 dan pilih
modify.
Maka akan muncul tampilan seperti pada saat kita menambah
Style di atas. Atur lah sesuai dengan yang anda inginkan. Seperti contoh saya
merubah jenis tulisan menjadi Times New Roman, Ukuran 20, Warna Hitam dan
letaknya ditengah.
Lalu klik OK pada Sudut bawah, maka tulisan tadi akan
berubah sesuai dengan ketentuan yang telah anda buat tadi. Dan selanjutnya,
ketiklah tulisan Daftar isi, block dan pilih lagi Heading 1.
Maka secara otomatis tampilan tulisan daftar isi akan
berubah dan sama dengan kata pengantar. Jadi kawan tak perlu lagi mengedit
ulang tulisan Daftar Isi tadi, gimana ?? simple bukan.
3 Cara menggunakan Numbering pada JUDUL BAB, Sub Bab dan Sub sub bab
3.1 Judul bab
Judul bab ditulis dengan huruf besar. Dan saya disini
menggunakan Heading 1. Jangan lupa diketik tebal dengan ukuran 14, lalu di update
seperti materi sebelumnya. berikut
gambar menggunakan penomoran
judul bab dan tahap-tahapnya.
1
Klik “Numbering” lalu pilih
penomoran yang menggunakan heading 1-9 seperti gambar dibawah ini.
Setelah kita klik, lalu kita klik kembali “Define New Multilevel
List...” untuk mengedit penomorannya. Berikut
gambar setelah kita klik
Dari gambar diatas kita bisa mengatur judul bab dengan
otomatis nantinya,jika setiap judul bab menggunakan hiding 1.
3.2 Judul Sub Bab
Judul sub bab saya disini menggunakan heading 2 yang sudah
di update seperti gambar dibawah ini.
Judul sub bab akan membuat penomoran otomatis mengikuti dari
judul bab yang pertama tadi, seperti gambar dibawah ini..
3.3 Judul Sub sub bab
Judul sub sub bab saya disini menggunakan heading 3 yang
sudah di update. Judul sub sub bab ini kita gunakan kalau dari sub bab memiliki
cabang untuk di defenisikan. Ketika dari judul sub sub bab kita gunakan heading
3 maka judul sub sub bab tersebut akan otomatis mengikuti penomoran dari sub
bab.seperti gambar dibawah ini.
4 Penomoran Halaman dengan section
Disini saya akan membuat nomor halaman berbeda pada setiap
BAB nya dengan mudah.
Double klik pada bagian atas atau bawah kertas yang akan di beri nomor halaman
(Sampai muncul tulisa header & footer)
Klik pada bagian “Design”
Klik pada bagian “Different First Page” lalu beri tanda
ceklis
Pada page pertama, terserah mau di buat menggunakan halaman
atau tidak (hapus no halaman pertama)
Penggunaan Section pada setiap BAB
Arahkan kursor pada akhir bagian tiap bab yang akan di
section (dibagi)
Kemudian klik “page layout”
Klik “breaks”
Kemudian, pilih “Next Page”
Untuk memastikan section anda berhasil, kik double pada bagian nomor
halaman, sampai muncul tulisan “Header-Section”
Gunakan nomor halaman yang berbeda pada tiap halaman
Double klik pada bagian nomor halaman, sampai keluar header
& footer
Klik “Page Number”
Kemudian pilih option “Format Page Number”
Pastikan halaman nya tertulis “start at : 1 “
5 cara Membuat daftar isi otomatis
Setelah anda selesai menjalankan tahap diatas , saya akan
menjelaskan tahap pembuatan daftar isi otomatis dengan mudah dengan cara
1.
Pilih pada pilihan
“References” kemudian pilih “Table Of Content”
2.
Kemudian, pilih salah satu
style, atau format yang anda inginkan, misalnya: format pertama
3.
Setelah itu, anda tinggal
mengganti tulisan “Content” dengan Daftar Isi. Dan Daftar isi anda, telah
selesai.
Sekian artikel yang saya buat Semoga bermanfaat
buat kawan-kawan.