Tata cara penulisan karya ilmiah


Assalamualaikum Wr.Wb

           Perkenalkan nama saya Saputra Hadi jurusan teknik informatika semester 2 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau..
Sebelum saya menjelaskan tahap-tahap penulisan karya ilmiah saya akan memberi tahu kawan-kawan bahwa tanpa kita sadari banyak hal mudah untuk menulis karya ilmiah ataupun skripsi itu dengan simpel tanpa ribet. Dan bagi kalian yang sering bikin makalah, laporan, skripsi atau karya ilmiah lainnya, Maka tutorial ini sangat membantu, karna kalian enggak perlu mengatur berulang kali tulisan tersebut, cukup dengan sekali atur, maka semua yang menggunakan style  sama dengan kalimat tersebut akan lansung berubah sama persis. Jadi kawan gak terlalu repot untuk merubah dengan susah payah, karena apabila kita terlalu lama dalam mengatur ketikan kita maka akan lama kita dalam menyelesaikan ketikan kita tersebut. Disini saya akan menjelas kan bagaimana cara penulisan karya ilmiah dengan metode simple yang saya gunakan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah
1. Jenis huruf
     Menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 14 untuk judul dan 12 untuk paragraf biasa..
2. Jarak baris
    Jarak antara dua baris dibuat 1,5 spasi.
3. Batas tepi
    a. Tepi atas dan tepi kiri: 4 cm
    b. Tepi bawah dan tepi kanan: 3 cm
    Itulah hal-hal kecil yang harus kita perhatikan dalam penulisan karya ilmiah.selanjutnya saya akan menjelaskan cara-cara penulisan karya ilmiah yang pertama :

1           Mengatur margin

         Margin adalah kertas yang kita gunakan untuk mengetik suatu karya ilmiah.dengan cara klik page layout kemudian pada group menu page setup tersedia beberapa pilihan, maka pilih margins. Pilih satu pilihan yang tersedia pada pilihan margins. Jika sobat ingin mengatur margin secara manual silakan klik pada Custom Margins seperti gambar yang dijelaskan dibawah ini.berikut  penjelasannya.


 Pertama pilih “Page Layout” lalu klik “Custom Margin”
Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.


Pada tab margin isikan besaran margin yang mau di pakai. Diatas adalah margin yang saya gunakan.ada 4 margin yang bisa diatur, yaitu Top, Bottom, Left  dan Right\
Margin atas                                : Memberikan jarak dalam bagian atas.
Margin bawah                            : Memberikan jarak dalam bagian bawah.
Margin kiri                                 : Memberikan jarak dalam bagian kiri.
Margin kanan                             : Memberikan jarak dalam bagian kanan.
Metode seperti itulah yang saya gunakan dalam memakai margin. Simple bukan! Selanjutnya saya akan menjelaskan cara penggunaan style pada microsoft.

2           Penggunaan Style pada microsoft word

          Disini saya akan menjelaskan tahap-tahap Penggunaan style. Karena ketika kita menggunakan  menu ini, kita dapat mempermudah ketikan kita pada suatu karya ilmiah ataupun yang lainnya.berikut tahap-tahapnya.
Klik menu “Home”
Maka akan tampak seperti gambar yang saya garis merah dibawah ini

Dan pada menu style ini terdapat banyak sekali macam penulisan, misalnya Title, Normal, No Spacing heading 1, heading 2, Empahasis dan masih banyak lagi, seperti yang bisa dilihat di bawah.

Style Normal biasanya digunakan untuk tulisan biasa, Title digunakan untuk tulisan judul, Heading 1 Biasanya di gunakan untuk sub judul, dan heading 2 untuk pembagian dari sub judul tersebut dan begitu seterusnya dan Nospacing digunakan untuk tulisan tanpa spasi. Dan masih banyak kegunaan style lainnya. Dan jika kawan masih kurang, dan ingin menambah style ala kawan sendiri, itupun juga bisa dilakukan yaitu dengan cara :
Klik pada gambar panah kecil disudut menu style
Maka akan muncul menu seperti dibawah, dan klik tool New Style yang ditunjuk oleh anak panah.

Dan akan muncul menu dibawah. Kawan tinggal atur seperti apa nanti tulisan yang ingin kawan  buat, baik itu jenih huruf, ukuran warna, posisi huruf apakah di kiri, tengah atau kanan, spasi pengetikan dll. Dan setelah selesai, maka kawan tinggal klik OK. Tapi jangan sampai lupa memberi nama Style.
Baiklah saya  akan jelaskan contoh cara penggunaan Style dalam pembuatan makalah  dan sekalian cara mengedit style yang telah tersedia sesuai kebutuhan kawan-kawan semua.
Pertama kawan tulis terlebih dahulu “Kata pengantar(boleh kata lain)”.

Block dan klik Heading 1 pada menu style.

Maka Otomatis tulisan tadi akan berubah sesuai dengan yang telah ditetapkan di heading 1, tapi jangan khawatir, kita bisa merubah pengaturan tersebut dengan cara klik kanan pada tool heading 1 dan pilih modify.

Maka akan muncul tampilan seperti pada saat kita menambah Style di atas. Atur lah sesuai dengan yang anda inginkan. Seperti contoh saya merubah jenis tulisan menjadi Times New Roman, Ukuran 20, Warna Hitam dan letaknya ditengah.

Lalu klik OK pada Sudut bawah, maka tulisan tadi akan berubah sesuai dengan ketentuan yang telah anda buat tadi. Dan selanjutnya, ketiklah tulisan Daftar isi, block dan pilih lagi Heading 1.

Maka secara otomatis tampilan tulisan daftar isi akan berubah dan sama dengan kata pengantar. Jadi kawan tak perlu lagi mengedit ulang tulisan Daftar Isi tadi, gimana ?? simple bukan.

3           Cara menggunakan Numbering pada JUDUL BAB, Sub Bab dan Sub sub bab

3.1            Judul bab

Judul bab ditulis dengan huruf besar. Dan saya disini menggunakan Heading 1. Jangan lupa diketik tebal dengan ukuran 14, lalu di update seperti materi sebelumnya. berikut  gambar  menggunakan penomoran judul bab dan tahap-tahapnya.
1        Klik “Numbering” lalu pilih penomoran yang menggunakan heading 1-9 seperti gambar dibawah ini.

Setelah kita klik, lalu kita klik kembali “Define New Multilevel List...”  untuk mengedit penomorannya. Berikut gambar setelah kita klik


Dari gambar diatas kita bisa mengatur judul bab dengan otomatis nantinya,jika setiap judul bab menggunakan hiding 1.

3.2            Judul Sub Bab

Judul sub bab saya disini menggunakan heading 2 yang sudah di update seperti gambar dibawah ini.

Judul sub bab akan membuat penomoran otomatis mengikuti dari judul bab yang pertama tadi, seperti gambar dibawah ini..

3.3            Judul Sub sub bab

Judul sub sub bab saya disini menggunakan heading 3 yang sudah di update. Judul sub sub bab ini kita gunakan kalau dari sub bab memiliki cabang untuk di defenisikan. Ketika dari judul sub sub bab kita gunakan heading 3 maka judul sub sub bab tersebut akan otomatis mengikuti penomoran dari sub bab.seperti gambar dibawah ini.


4           Penomoran Halaman dengan section

Disini saya akan membuat nomor halaman berbeda pada setiap BAB nya dengan mudah.
Double klik pada bagian atas atau  bawah kertas yang akan di beri nomor halaman (Sampai muncul tulisa header & footer)
Klik pada bagian “Design”

Klik pada bagian “Different First Page” lalu beri tanda ceklis
Pada page pertama, terserah mau di buat menggunakan halaman atau tidak (hapus no halaman pertama)

Penggunaan Section pada setiap BAB
Arahkan kursor pada akhir bagian tiap bab yang akan di section (dibagi)
Kemudian klik “page layout”
Klik “breaks”
Kemudian, pilih “Next Page”


Untuk memastikan section anda  berhasil, kik double pada bagian nomor halaman, sampai muncul tulisan “Header-Section”



  





Gunakan nomor halaman yang berbeda pada tiap halaman
Double klik pada bagian nomor halaman, sampai keluar header & footer
Klik “Page Number”


Kemudian pilih option “Format Page Number”

Pastikan halaman nya tertulis “start at : 1 “



5           cara Membuat daftar isi otomatis

Setelah anda selesai menjalankan tahap diatas , saya akan menjelaskan tahap pembuatan daftar isi otomatis dengan mudah dengan cara
1.      Pilih pada pilihan “References” kemudian pilih “Table Of Content”



2.      Kemudian, pilih salah satu style, atau format yang anda inginkan, misalnya: format pertama


3.      Setelah itu, anda tinggal mengganti tulisan “Content” dengan Daftar Isi. Dan Daftar isi anda, telah selesai.


Sekian artikel yang saya buat Semoga bermanfaat buat kawan-kawan.