Cara Mengatur Margin


Assalamualaikum Wr.Wb

           Perkenalkan nama saya Saputra Hadi jurusan teknik informatika semester 2 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau..
Sebelum saya menjelaskan tahap-tahap penulisan karya ilmiah saya akan memberi tahu kawan-kawan bahwa tanpa kita sadari banyak hal mudah untuk menulis karya ilmiah ataupun skripsi itu dengan simpel tanpa ribet. Dan bagi kalian yang sering bikin makalah, laporan, skripsi atau karya ilmiah lainnya, Maka tutorial ini sangat membantu, karna kalian enggak perlu mengatur berulang kali tulisan tersebut, cukup dengan sekali atur, maka semua yang menggunakan style  sama dengan kalimat tersebut akan lansung berubah sama persis. Jadi kawan gak terlalu repot untuk merubah dengan susah payah, karena apabila kita terlalu lama dalam mengatur ketikan kita maka akan lama kita dalam menyelesaikan ketikan kita tersebut. Disini saya akan menjelas kan bagaimana cara penulisan karya ilmiah dengan metode simple yang saya gunakan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah
1. Jenis huruf
     Menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 14 untuk judul dan 12 untuk paragraf biasa..
2. Jarak baris
    Jarak antara dua baris dibuat 1,5 spasi.
3. Batas tepi
    a. Tepi atas dan tepi kiri: 4 cm
    b. Tepi bawah dan tepi kanan: 3 cm
    Itulah hal-hal kecil yang harus kita perhatikan dalam penulisan karya ilmiah.selanjutnya saya akan menjelaskan cara-cara penulisan karya ilmiah yang pertama :

   Mengatur margin

         Margin adalah kertas yang kita gunakan untuk mengetik suatu karya ilmiah.dengan cara klik page layout kemudian pada group menu page setup tersedia beberapa pilihan, maka pilih margins. Pilih satu pilihan yang tersedia pada pilihan margins. Jika sobat ingin mengatur margin secara manual silakan klik pada Custom Margins seperti gambar yang dijelaskan dibawah ini.berikut  penjelasannya.


 Pertama pilih “Page Layout” lalu klik “Custom Margin”
Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.


Pada tab margin isikan besaran margin yang mau di pakai. Diatas adalah margin yang saya gunakan.ada 4 margin yang bisa diatur, yaitu Top, Bottom, Left  dan Right\
Margin atas                                : Memberikan jarak dalam bagian atas.
Margin bawah                            : Memberikan jarak dalam bagian bawah.
Margin kiri                                 : Memberikan jarak dalam bagian kiri.
Margin kanan                             : Memberikan jarak dalam bagian kanan.
Metode seperti itulah yang saya gunakan dalam memakai margin. Simple bukan! Selanjutnya saya akan menjelaskan cara penggunaan style pada microsoft.

sekian tahap-tahap margin yang saya buat , semoga bermanfaat.